EagleUp = Eagle + Google Sketchup

Kursus Advance SEO - Saung Seo 468x60



Pada postingan saya sebelumnya kita telah belajar membuat bentuk 3D dari Board Eagle PCB dengan menggunakan Pov-ray dan Eagle 3D nah kali ini kita akan membahas cara lain untuk menampilkan bentuk 3D dari board Eagle yaitu menggunakan google skecap (Sketchup).
seperti kita tahu bahwa Google Sketchup adalah suatu perangkat lunak yang dibuat oleh google dan dirancang Khusus untuk design 3D dan membuat animasi.
sketchup ada dua versi yaitu : Google SketchUp free dan Google SketchUp Profesional.
Terdapat bebarapa keuntungan jika kita menggunakan EagleUp yaitu:
angle 3D yang dapat berubah-ubah dengan sekali drag and move dibandingkan dengan Pov-ray yang harus mengatur script secara manual
dapat dilakukan pengukuran dimensi dan Editing dari board 3D dengan begitu maka kita dapat sekaligus mendesign casingnya.
Tapi ada beberapa kelemahan dari EagleUp , yaitu Model dari komponen yang tersedia masih sedikit sehingga pada saat diimport dari Eagle akan ada beberapa missing komponen.
ya solusinya kalau anda jago dalam design 3D maka anda bisa membuat sendiri.

Ok.. itu sekilas saja tentang Google Sketchup selanjutnya mari kita bahas tentang "perkawinan" antara Eagle dan skecap sehingga menghasilkan suatu bentuk 3D dari Board PCB.

Pertama-tama anda harus menyediakan software berikut :
  1. Cadsoft Eagle (Versi berapa saja,disarankan yang terbaru)..
  2. Google Sketchup (dianjurkan menggunakan versi 8 atau yang lebih baru karena beberapa model komponen dibuat pada Sketchup versi 8).
  3. ImageMagick (pilih ImageMagick-6.7.4-4-Q16-windows-dll.exe, Freeware).
  4. EagleUp versi 4.3.
Untuk step-stepnya dapat dilihat pada tutorial berikut :

Instal Eagle,Google SketchUp,ImageMagic.kemudian Ekstrak File EagleUp 4.3.zip yang telah didownload tadi. terdapat 4 Folder yang harus anda Copy secara manual :

eagleUp_export.ulp Copy ke C:\Program Files\EAGLE-5.11.0\ulp
eagleUp_import.rb Copy ke C:\Program Files\Google\Google SketchUp 8\Plugins
Folder /models dapat ditempatkan dimana saja. Tapi dianjurkan copy Folder models dekat dengan library, Contoh di C:\Program Files\EAGLE-5.11.0\models
Untuk Folder demo dapat anda tempatkan dimana saja.
Buka File board yang telah anda buat sebelumnya, atau jika belum ada anda dapat membuka contoh file Board di folder Demo yang telah anda copy sebelumya.
Demo files


Board diatas adalah contoh yang ada pada demo file. pada Board tersebut terdapat komponen standart yang telah ada modelnya secara default. (saya sudah mencoba menggunakan Board yang lain dan ternyata ada beberapa komponen yang Missing karena modelnya memang belum ada tapi Board dapat tampil dengan drilling dan padnya.)
berikutnya adalah buka file ulp dengan cara File >Run >pilih eagleUp_export.ulp untuk membuat file *eup yang dapat dikenali oleh Google Sketchup.
Run ulp




Jika anda pertama kali menjalankan file eagleUp_export.ulp maka akan muuncul notifikasi untuk pengaturan Directory. Pilih set for Windows untuk mengatur directory secara default tapi jika Konfigurasi folder yang anda set berbeda maka pengaturan directory dilakukan secara manual sesuai konfigurasi Komputer anda.
Pengaturan Directory

Berikutnya akan Muncul notifikasi setting parameter (warna , tebal ,dimensi dll) . plih ok untuk memulai proses konversi.
Pengaturan Parameter

Jika sukses maka akan muncul notifikasi berikut :
Notifikasi Konversi Berhasil

Nah selanjutnya buka Google Sketchup kemudian pilih Plugin > Import EagleUp v4.3 > cari dimana file demo3D.eup hasil konversi tadi
Import EagleUp

Import File *eup

Akan muncul jendela Command Prom yang artinya proses Converting sedang berjalan.
Proses Konversi

Jika terdapat Missing package maka akan muncul notifikasi berikut :
Missing Package


Dari gambar diatas Model Header 1x02 belum tersedia maka pada Board nanti header tersebut tidak muncul. yang muncul hanya tampilan Drilling dan Pad komponen. Pilih Ok.
Komponen Header 1x2 tidak Muncul

Ok... Selamat Anda telah berhasil mengawinkan Eagle dengan Google SketchUp ..!
Untuk melengkapi beberapa model yang tidak tersedia anda dapat mendownload model disini. 

CU.CC: Free Domain Registration + FREE DNS Services

Artikel yang berkaitan :



1 komentar:

Muhamad Reza Tri Putra mengatakan...

Mas, ImageMagick Type -6.7.4-4-Q16-windows-dll.exe (yang direkomendasikan) ga ada mas, banyak pilihan yang lain nya mas. Mohon di bantu mas untu pemilihan Image Magick. Terimakasih mas sebelumnya..

Poskan Komentar

..::.. JANGAN LUPA ..::..
berkomentar untuk blog ini